Select Page

Untuk meningkatkan pelayanan konsumen, banyak perusahaan yang membuka call center. Tentu orang-orang yang mengisi posisi ini wajib menguasai berbagai teknik pelayanan konsumen melalui telepon. Dan meskipun pelayanan dilakukan lewat telepon, seorang call center harus memahami bermacam karakter agar dapat menghadapi konsumen dengan baik. Sebagian besar perusahaan yang memiliki call center adalah industri yang bergerak di bidang jasa, seperti maskapai penerbangan. Di era digital ini, peran call center menjadi sangat penting dalam peningkatan penggunaan jasa oleh konsumen.

94

Untuk menjadi call center profesional, kualifikasi bukan satu-satunya upaya yang harus dilalui seseorang. Pengalaman menghadapi berbagai permasalahan tentunya akan memperkaya wawasannya dalam menjalani profesi call center. Dengan demikian, perusahaan wajib memfasilitasi para karyawan dengan pelatihan kualitas call center yang diselenggarakan secara berkala.

Pelaksanaan  pelatihan kualitas call center memiliki manfaat dan tujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan teknik dalam membangun keterampilan komunikasi efektif
  2. Meningkatkan pedoman pemberian pelayanan yang berkualitas tinggi kepada konsumen
  3. Membangun pemikiran untuk sukses ketika bekerja
  4. Menggali wawasan baru seputar cara-cara menanggapi dan memahami kebutuhan konsumen
  5. Memahami bagaimana cara menggunakan dan membuat rencana pengembangan diri
  6. Membangun sikap positif

Seperti halnya pelatihan kerja pada umumnya, peserta pelatihan mendapat materi pengembangan pengetahuan, keahlian dan sikap. Beberapa materi keahlian call center yang diberikan adalah sebagai berikut:

  1. Komunikasi interpersonal
  2. Komunikasi empati
  3. Komunikasi asertif
  4. Teknik berbicara
  5. Teknik pelayanan melalui telepon
  6. Teknik mendengarkan kebutuhan pelanggan
  7. Teknik menyapa pelanggan
  8. Kemampuan mengendalikan percakapan

Kini seorang call center menjadi tonggak keberhasilan sebuah industri jasa. Oleh sebab itu, pelaksanaan pelatihan perlu dilakukan. Perusahaan dapat bekerjasama dengan lembaga training seperti Akademi Trainer untuk menyelenggarakan pelatihan keahlian. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kontak kami.

Pelatihan Public Speaking dan Pelatihan Berbicara untuk Karyawan dan Perorangan dikunjungi melalui kata

karakteristik call center,