Leader yang Bisa Mengendalikan Team

Leader yang Bisa Mengendalikan Team

Leader yang Bisa Mengendalikan Team

by Dian Dwi Ariandoko

Berbicara mengenai pengaruh Leader, dalam sebuah oganisasi baik itu perusahaan ataupun kemasyarakatan, Mengingatkan saya pada salah seorang Operasional Direktur di sebuah Perusahaan retail terbesar di negeri ini.

Beliau mengatakan, “80%, keberhasilan sebuah gerai tergantung dari Leadernya. Jika Leadernya bagus, maka gerainya pasti akan berkembang. Sebaliknya jika Leadernya jelek, pasti gerai tersebut tidak akan berkembang”.

Saya mencoba menganalisa dan membuktikan perkataan ini, dengan memantau prestasi dari masing-masing gerai. Memang ternyata terbukti, hasil yang didapat dari seorang yang mempunyai karakter Leadership yang kuat, hasilnya jauh berbeda dengan seorang yang mempunyai karakter lemah.

Sebegitu besarnya pengaruh Leader dalam sebuah organisasi, sehingga jika menilik dari pengertian Leader itu sendiri banyak para ahli yang membahas mengenai, pengertian dari Leader itu sendiri.

Dari banyaknya Pengertian yang dibahas, saya mempunyai kesimpulan sendiri bahwa Leader adalah seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain ataupun kelompok, sehingga mereka dengan tulus dan ikhlas mengikuti arahan dan pengaruh yang diberikan oleh seseorang tersebut.

Dengan pengertian yang seperti ini, sangat jelaslah seorang Leader harus mampu meng-influence, sehingga mampu mengerakan dan menginpirasi team. Jika ia tidak mampu menggerakan dan menginpirasi team, maka belum layaklah ia dikantakan sebagai seorang Leader. Dengan kata lain ia tidak mampu mengendalikan team.

Inspirasi adalah kata yang tidak bisa dipisahkan dari seorang Leader. Kata ini mutlak harus melekat pada dirinya. Mana mungkin team akan dengan tulus dan ikhlas mengikuti ia, sedangkan ia tidak mampu menginspirasi terhadap teamnya.

Kata kunci dari tulus dan ikhlas mengikuti inilah, yang mempunyai power besar, karena didalamnya ada trust dan believe. Sehingga mereka mempunyai sebuah keyakinan bahwa arahan dan perintah dari seorang Leader ini tidak akan mencelakakan mereka, akan tetapi sebaliknya justru memberikan kemaslahatan dan manfaat baik bagi dirinya sendiri ataupun kelompok.

Keyakinan ini tidak akan tumbuh begitu saja, akan tetapi justru tumbuh karena design dari Leadernya itu sendiri, dengan selalu memberikan inspirasi secara terus menerus, Jika keyakinan itu mendarah daging, ada ataupun tidak Leader bersama team, pengaruhnya akan menancap didalam sanubari dan tidak ada satupun orang yang akan melenceng dari arahan dan perintah tersebut.

Kita bisa perhatikan leader-leader dunia, seperti Ir. Soekarno, Mahatma Gandhi, Steve Jobs dan banyak lagi. Kharisma beliau-beliau begitu sangat kuat terhadap orang-orang disekitarnya. Kekuatan inspirasi inilah yang mampu menggerakkan orang secara antusias dan bersemangat untuk mewujdukan ide dan visi beliau-beliau ini.

Maka hingga sampai sekarang, ide-ide, kebaikan-kebaikan bahkan ajaran-ajarannya masih melekat dalam masyarakat.

Begitu juga pebisnis selevel Jack Welch, beliau sering berpesan tentang leadership. “Sebelum menjadi seorang leader, sukses itu tentang bagaimana membangun dirinya. Tapi disaat Anda menjadi leader, sukses itu tentang bagaimana membangun orang lain.”

Membangun orang lain harus mampu menginspirasi, dan kemampuan menginspirasi harus memiliki skill BICARA yang MEMENGARUHI. Maka setelah mempunyai skill ini, Anda akan pantas mengendalikan team.

Leave a comment

Name
E-mail
Website
Comment